SELAMAT DATANG

Kamis, 17 Oktober 2013

WASPADA SCAM


WASPADALAH DENGAN SCAM

Teknologi yang semakin berkembang membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya yaitu teknologi yang digunakan untuk melakukan kejahatan cyber. Ada beberapa modus kejahatan cyber, salah satunya memanfaatkan internet untuk melakukan tindakan scam (kejahatan digital di internet). Para pelaku sering memberikan email palsu, atau penawaran palsu yang bertujuan untuk mengelabuhi pengguna internet. Sehingga saat pengguna tertarik dengan penawaran yang dibuat secara otomatis scam akan berorientasi mendapatkan uang secara cepat meski dengan menipu orang lain. Banyak modus scam yang dijalankan, diantaranya lottre,pinjaman tanpa anggunan cara cepat kaya yang isinya begitu meyakinkan. Bahkan ada pesan yang sengaja menseritakan kehidupan scammer bahwa dia seorang kaya raya karena suatu hal dia ingin mendonasikan sebagian kekayaannya untuk orang lain. Untuk bisa menerima sebagian hartanya dia menyuruh calon korbannya untuk mentransfer uang. Tapi uang yang diharapkan korbanya tak didapat, kena tipu jadinya. Modus lain  mungkin anda pernah menerima pesan facebook ingin mengkonfirmasi keamanan profil anda? Jangan buru2 membalasnya. Tim facebook yang asli selalu mengirim pesan dan pengumuman resmi yang menyatakan bahwa mereka tidak akan meminta informasi pribadi, data rahasia,password anda. Jika anda menerima email dari tim facebook yang meminta password atau data pribadi, anda bisa yakin kalau mereka palsu dan sedang berusaha untuk mencuri identitas anda.  Hindari menampilkan alamat email anda di internet. Pertimbangkan pilihan alternatif misalnya, gunakan alamat tersendiri keika mendaftar pada milis tertentu, miliki  beberapa alamat email untuk berbagi tujuan berbeda atau carilah layanan email sekali pakai. Kemudian gunakan produk antivirus terupdet, realtime, ringan dan mampu menangani permasalahan jejaring sosial. Pastikan anda dapat berdiskusi dengan bagian support produk jika mengalami gangguan.

Tips-tips mencegah scam:

1.   Jangan sembarangan mengklik gambar , URL atau apapun jika anda melihat ada sesuatu yang mencurigakan, misal tiba2 teman memposting gambar syur yang berani.
2.   Berhati-hatilah ketika melakukan transaksi dengan individu asing dari luar negeri.
3.   Pastikan tautan yang disertakan di email tidak mengarahkan ke situs palsu yang dapat mencuri informasi rahasia anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, sumber dari koran-pemerahati IT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar